Skip to content

Save Your Energy

Salah satu sahabat saya saat ini bekerja di sebuah organisasi pengembangan industri di bawah naungan badan Perserikat Bangsa-Bangsa. Tugasnya dalam bekerja adalah membantu mengurangi pemborosan dalam pemakaian energi, baik energi listrik, uap atau pemakaian air di industri tekstil di Indonesia.

Betapa pedulinya badan PBB tersebut akan ketersediaan energi di bumi agar tidak boros dan tidak cepat habis keberadaannya. Intinya adalah hemat energi dan tidak menghamburkan-hamburkan energi yang ada demi kepentingan anak cucu kita.

Tak ubahnya energi bumi yang harus di hemat dan tidak dibuang-buang, kitapun diharapkan tidak membuang-buang energi kita dengan percuma. Banyak hal di sekeliling kita yang tanpa kita sadari menyedot dan menarik energi kita ke dalamnya. Apa yang terjadi jika energi kita terbuang percuma dengan meresponnya? kita akan cepat lelah, capek, pusing, bingung, frustasi bahkan bisa sakit, baik jasmani maupun rohani !

Save Energy Positive Self Talk Indonesia
Save Energy Positive Self Talk Indonesia

Nampaknya, sesuai perkembangan jaman media sosial adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk membuang-buang energi kita.
Anda bisa lihat dan rasakan, betapa melelahkan jika kita harus mengomentari sebuah berita yang sedang viral, kita bisa saling bersahutan, berargumen, berbantah sama lain. Hasilnya apa? kebanyakan tanpa hasil dan solusi. Sedikit saja yang bisa menerima perbedaan pendapat. Karena memang, masing-masing mempunyai pendapat, prinsip dan keyakinan masing-masing.

Dalam ilmu yang saya pelajari, ternyata manusia dengan manusia lainnya ternyata saling menyerap energi. Sederhanya, coba Anda rasakan jika Anda sedang berada di sekitar orang yang sedang sedih, marah, kecewa, dendam, kebencian dan rasa tidak suka. Pasti akan Anda rasakan ketidaknyamanan. Sebaliknya, jika Anda berada di dekat orang yang yang senang dan bahagia, maka Anda akan ikut merasakan perasaan tersebut.
Anda akan nyaman jika berada di sekitar Anda yang satu frekuensi dengan Anda. Coba Anda perhatikan, Sahabat Anda atau teman Anda umumnya cocok dengan Anda bukan? Dan Anda merasa nyaman di dekatnya. Itu berarti Anda bisa jadi satu frekuensi dengan mereka !

So, jangan biarkan energi Anda terbuang percuma, hematlah dan selamatkan diri Anda.

Saya mempunyai teman yang sering kali membuang energi percuma dengan marah-marah dan mengeluhkan hal-hal remeh temeh. Saya melihat efeknya hingga mempengaruhi kondisi kesehatannya.

Bagaimna caranya agar energi kita tidak mudah terbuang dengan percuma ? Caranya adalah dengan tetap fokus pada diri sendiri. Hindari rasa ingin selalu mengomentari hal-hal yang tidak perlu di media sosial. Atau membicarakan suatu hal yang boleh jadi tidak penting buat orang lain atau diri Anda sendiri. Dengan demikian Anda tidak mudah menyerap energi negatif dari orang lain. Hal lain adalah milikilah ruang pribadi di diri Anda yang tidak boleh diganggu orang lain. Santai sejenak, meditasi, berdoa adalah cara terbaik untuk masuk ke ruang tersebut.

Akhirnya, untuk merawat dan menjaga kesehatan batin dan fisik Anda, sungguh diperlukan suasana hati yang teduh, pikiran yang jernih, dan jiwa besar dalam menghadapi perbedaan pandangan. Tanpa itu, kita akan senantiasa terkoyak oleh perbedaan itu sendiri.

Saya lihat, dengar dan rasakan bangsa ini sedang sangat “berisik”. So, mari mulai dengan diri kita sendiri untuk menjaga pikiran yang waras dan positif sebelum bangsa lain mentertawakan laku bodoh kita dan bangsa ini benar-benar bisa menjadi bangsa kuli yang hina-dina.
Atau sudah???

Salam sukses dan ‘hemat energi’ !

Didin S Winata
Positive Self Talk Specialist
www.positiveselftalk.id

Open chat
Daftar Di Sini
Powered by