Skip to content

Growth Mindset VS Fixed Mindset

growth-mindset-positive-self-talk-indonesia-didin-s-winata

Carol Dweck, seorang Profesor Psikologi mengemukakan bahwa seseorang yang mempunyai pola pikir bertumbuh atau berubah (Growth Mindset) adalah seseorang yang mempunyai karakter pantang menyerah atau mampu bertahan dalam menghadapi kesulitan atau kegagalan.

Bagi seseorang dengan type Growth Mindset kesulitan dan kegagalan adalah sesuatu yang dapat berubah. Mereka selalu yakin ada jalan keluar dan kesulitan serta kegagalan bisa dipecahkan. Kesulitan dan kegagalan tidaklah permanen!

Kegagalan dapat dirubah dan diperbaiki menjadi hal-hal yang lebih baik. Kegagalan adalah tantangan.

Karakter, kecerdasan, kemampuan dan kreatifitas bukanlah suatu bakat atau bawaan bagi seseorang. Semuanya itu dapat dipelajari dan dapat dirubah. Dapat diraih dan dikejar dengan usaha asalkan mau berusaha dan bekerja keras.

Seseorang dengan type Growth Mindset tidak akan diam terlebih berpangku tangan menghadapi dan meratapi kegagalan. Mereka akan berusaha dan bertahan, karena bagi mereka, karakter, kecerdasan, kemampuan dan kreatifitas bukanlah bakat atau bawaan. Semua dapat diraih dan diperoleh dengan usaha dan kerja keras.

Berbeda dengan si Fixed Mindset , mereka akan terhenti dan tidak melanjutkan usahanya. Karena orang dengan berpikir pola Fixed Mindset ini menganggap kecerdasan, kemampuan, kreatifitas dan karakter adalah bawaan seseorang dan sudah dimilikinya sejak lahir dan menurut mereka tidak dapat dirubah. Maka mereka akan berhenti karena merasa usahanya tidak mungkin akan berhasil.

Saya jadi teringat ketika masih sering bertanding dan juara di sekolah dulu. Saya merasa saya tidaklah berbakat dan pintar bukanlah bawaan. Saya hanya merasa saya berlatih dengan keras dan belajar keras. Ketika saya merasakan kekalahan, itu berarti usaha saya tidak semaksimal sebelumnya.

So, ada dimanakah posisi Anda saat ini ? Apakah di posisi Growth Mindset atau Fixed Mindset ? Apakah kesulitan itu permanen atau sementara ? Apakah kegagalan itu hantaman atau tantangan?

Thanks… Arigatooo…

Selamat pagi, selamat berakhir pekan..!

Salam sukses dan berdaya….

Wassalam,
DSW
Positive Self Talk Indonesia

Open chat
Daftar Di Sini
Powered by